Cara Membangun Situs Nonton Online

Cara Membangun Situs Nonton Online

Anda, saya, dan hampir semua orang yang menyukai film, tahu tentang internet, senang membuang waktu. Pasti sudah tidak heran tentang situs yang menyediakan film-film yang dapat kita tonton dengan gratis.

Salah satu situs yang menjadi langganan saya adalah 01nonton.com karena SAYA BENCI POPUP. Di situs ini tidak ada popup dan iklan berlebihan yang sangat mengganggu. Film yang ada di situs ini tidak hanya berkualitas baik, disediakan juga subtitle berbahasa Indonesia dan kadang bahasa Inggris. Berawal dari hal tersebut, saya menjadi tertarik untuk mencari tahu bagaimana cara membuat situs semacam itu.

Tahap Awal Membangun Situs Nonton Online

Setelah melewati beberapa research, mengarungi samudra google berhari-hari. Akhirnya saya bisa membuat tutorial Cara Membangun Situs Nonton Online ini. Ada beberapa hal yang perlu di siapkan yaitu :

Content Management System
Ini adalah dasar dari pembuatan situs nonton online. Anda memerlukan Content Management System untuk mengatur film-film anda. Update, hapus, edit dan lain-lain anda lakukan melalui CMS ini. Ada beberapa CMS yang cukup populer yang bisa anda dapatkan di Internet. Baik yang gratis maupun yang berbayar. Namun CMS yang paling populer untuk di gunakan adalah WordPress. Selain karena wordpress adalah CMS yang paling terkenal di dunia, tetapi wordpress adalah sebuah CMS yang paling mudah di gunakan (menurut versi saya). Selain itu, karena sangat populer, maka ketersediaan plugin dan template pun sangat mudah di dapatkan apabila anda menggunakan CMS ini.

Template Film
Sebetulnya anda bisa menggunakan template apapun untuk membuat situs nonton online. Namun sangat disarankan anda menggunakan template yang memang dibuat untuk keperluan streaming film. Salah satu template yang mungkin bisa saya rekomendasikan adalah template Dooplay dari Dootheme. Sebuah template berbayar namun dengan banyak kelebihan. Mungkin terdengar sangat mahal yaitu $80 atau sekitar 1.2 juta Rupiah. Namun theme atau template ini adalah template terbaik apabila anda ingin membangun situs film online.

Kelebihan dari theme ini adalah update. Janganlah anda membeli sebuah theme yang berharga ramah di kantong namun developernya jarang atau tidak pernah mengupdate. Faktor keamanan adalah alasannya. Para hacker akan selalu mencari kesempatan untuk membobol situs yang anda buat. Sungguh sayang apabila anda sudah membangun sebuah situs dengan banyak pengunjung dan berakhir dengan kena hack, dan semua postingan anda menghilang alias raib.

Selain itu theme ini juga menyediakan fitur grab film. Dimana anda cukup menginput ID dari suatu film, dan theme akan secara otomatis mengisi data-data tentang film tersebut. Hal ini bisa terjadi dikarenakan Dooplay memberikan script untuk grab data film dari TMDB. Fungsi grab ini akan sangat terasa memudahkan dan mempercepat anda melakukan posting sebuah film.

File Film
Ini adalah tantangan kedua yang cukup sulit untuk dilakukan. Anda perlu memiliki file film yang akan anda posting. Anda bisa saja “mencuri” film dari situs lain. Namun trik ini sangat tidak di rekomendasikan. Mengapa ? Karena ketika situs yang anda curi filmnya mengganti sistem, maka seluruh postingan film yang hasil curian akan mati alias tidak dapat di play. Atau misalnya situs tersebut tutup dan menghilang, maka situs andapun akan ikut menghilang karenanya.

File file untuk film bisa anda dapatkan dengan mudah dengan menggunakan torrent ataupun file hosting. Anda hanya perlu mencarinya melalui mister google. Permasalahannya adalah dimana anda akan menyimpan file tersebut ? File film adalah file yang tidak kecil. Berukuran sekitar 1Gb untuk film yang beresolusi 720p yang telah di kompress, dan bisa mencapai puluhan Gb untuk yang belum di kompress.

Jawabannya adalah google drive. Anda bisa menyimpan film-film anda di space yang diberikan oleh google. Namun ruang yang diberikan oleh google secara gratis adalah hanya 15Gb, yang artinya hanya dapat menyimpan sekitar 15 film saja. Solusinya ? Gunakan google drive unlimited yang bisa anda beli. Gunakan kembali google untuk mencari penjual google drive unlimited.

Server RDP
Dengan kecepatan internet di Indonesia. Mengunduh sebuah file dengan ukuran 1 Gb adalah cukup membuat kepala panas. Dibutuhkan waktu beberapa puluh menit untuk mendownload sebuah file saja. Bayangkan apabila anda harus mendownload dan kemudian mengupload kembali file tersebut ke google drive. Berapa lama yang akan anda habiskan untuk mengupload sebuah film ?.

Solusinya adalah RDP (Remote Desktop Protocol), anda bisa menyewa sebuah server yang berisikan windows. Dimana server tersebut berada di luar negeri yang notabene memiliki internet sangat kencang. Terlebih apabila berlokasi di Eropa. Dengan RDP ini, seakan-akan anda membuka desktop di rumah anda sendiri. Disini anda bisa mendownload dan mengupload file film seperti poin diatas dengan sangat-sangat cepat. Sepemantauan saya, untuk mengupload sebuah file dengan ukuran 1Gb, hanya diperlukan waktu kurang dari 1 menit.

Script Pemutar Film
Anda mungkin bingung untuk apakah script ini. Kira-kira yang saya bisa jelaskan adalah bahwa CMS dan film adalah 2 bagian yang terpisah. CMS itu menampilkan hanya content dan data dari suatu film, dan bukan filmnya sendiri. Untuk bisa memutar film, diperlukan sebuah script yang fungsinya mengambil file dari google drive, dan menginputnya ke sebuah media player yang bisa di putar di browser. Player yang paling populer adalah JW Player.

Dengan script ini, anda bisa memasukan link dari google drive, dan juga mengupload subtitle. Selanjutnya anda hanya perlu mengembed hasil dari script tadi ke CMS. Biasanya dalam bentuk iframe. Script pemutar film ini bisa anda lihat di klikfilm.online. Di sana juga anda bisa melihat demo dari script tersebut.

Kesimpulan

Untuk membuat sebuah situs nonton film dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Diperlukan sekurangnya 1 juta Rupiah lebih per bulan untuk sewa RDP, server CMS dan lain-lain. Belum termasuk waktu yang harus anda sediakan untuk mengupload film, memantau film yang baru release, dan masih banyak lagi. Apakah hal ini menarik untuk anda ?

Semoga tutorial yang saya jelaskan disini bisa bermanfaat untuk anda