Sejarah Komputer dari Generasi Ke Generasi

Simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui lebih detail sejarah komputer beserta perkembangannya mulai dari komputer generasi pertama hingga sekarang:

Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959) Tabung Vakum

komputer generasi pertama

Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946 dengan menggunakan tabung vakum sebagai komponen dasar. Tabung vakum adalah material yang tidak efisien karena menghasilkan panas yang berlebihan dan juga membutuhkan daya listrik yang besar untuk dapat bekerja.

ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer merupakan salah satu contoh dari komputer generasi pertama yang dibuat oleh Mauchly dan Echert. ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi dan berat hingga 30 ton.

Komputer generasi pertama menggunakan bahasa mesin, yang mana merupakan bahasa pemrograman yang paling dasar yang hanya dapat dipahami oleh komputer. Komputer generasi ini memiliki kemampuan yang terbatas untuk memecahkan suatu masalah dalam satu waktu. Untuk melakukan input digunakan kartu berlubang (punched cards) dan pita kertas. Output yang dihasilkan adalah sebuah print-out. Meski dengan fungsi yang sangat terbatas, namun biaya pembuatan komputer generasi ini terbilang fantastis, yaitu sekitar satu juta dollar.

Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965) Transistor

sejarah komputer

Teknologi transistor menjadi awal kemunculan komputer generasi kedua, yang menggantikan peran dari tabung vakum pada komputer generasi pertama. Perkembangan transistor melambangkan peningkatan teknologi dimasa itu.

Bila dibandingkan dengan tabung vakum, transistor memiliki ukuran yang lebih kecil dan menghasilkan panas yang lebih sedikit, tingkat kegagalannya juga cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan komputer yang dibuat dengan tabung vakum. Sebagai hasilnya, transistor mampu menciptakan komputer yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih murah dibandingkan dengan komputer generasi pertama.

Pada komputer generasi ini juga mengalami perkembangan pada bahasa pemrograman yang dimilikinya. Bahasa mesin yang dulunya digunakan kini digantikan dengan bahasa assembly atau yang biasa juga disebut bahasa simbolik. Hal ini berarti programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata. Disaat yang sama bahasa pemrograman tingkat tinggi juga sedang dikembangkan seperti Common Business-Oriented Language (CBOL) dan Formula Translator(FORTRAN). Perubahan bahasa pemrograman ini meberikan manfaat komputasi yang lebih cepat dan lebih akurat.

Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1971) Sirkuit Terintegrasi

komputer generasi ketiga

Pada komputer generasi ketiga ini menggunakan Integrated Circuit (ICs) menggantikan transistor sebagai komponen komputer. Transistor pada generasi ini telah di miniaturkan dan ditaruh pada IC, satu buah IC terdiri dari beberapa transistor, resistor dan kapasitor.

IC pertama kali dikembangkan oleh Jack Kilby seorang insinyur listrik yang mana kemudian dianugerahkan hadiah nobel atas penemuannya tersebut. Bagaimana tidak, dengan penemuannya tersebut memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kecepatan dan efiesiensi dari sebuah komputer, serta membuat komputer di generasi ini jauh lebih kecil dibanding sebelumnya.

Komputer di generasi ini menjadi komputer pertama yang mana pengguna mampu berinteraksi dengan menggunakan keyboard dan monitor dengan interface sist, sebuah keem operasi majuan bila dibandingkan dengan kertas berlubang.

Sebagai hasil dari pengembangan teknologi tersebut, komputer pada waktu itu dapat dijangkau untuk publik karena harganya yang lebih murah dan ukuran yang lebih kecil.

Komputer Generasi Keempat (1971 – Sekarang) Microprosesor

perkembangan komputer

ni adalah generasi dimana anda berada sekarang, komputer yang anda lihat disekeliling anda merupakan komputer dari generasi keempat, “Microprosesor” adalah konsep utama dibalik generasi ini. Dalam satu chip, terdiri dari ribuan transistor dan elemen sikuit lainnya yang dihubungkan menjadi satu.

Perkembangan komputer generasi keempat tidak terlepas dari Intel, salah satu perusahaan pembuat chip yang telah menciptakan Intel 4004 Chip yang menjadi langkah awal pada perkembangan teknologi komputer yang kemudian menggantikan kompnonen komputer yang dulunya sebesar satu ruangan, kini hanya sebesar kepalan tangan.

Di tahun 1971 komputer pertama buatan IBM diciptakan yang didesain khusus untuk penggunaan rumahan dan tahun 1984 Macinthos pertama kali diperkenalkan oleh Apple. Melihat peningkatan yang terjadi pada komputer di generasi ini melahirkan ide untuk meciptakan sebuah jaringan komputer, yang akhirnya mengarah pada perkembangan dan kelahiran internet. Kemajuan besar lainnya yang terjadi di generasi ini adalah diciptakannya Graphical User Interface (GUI), mouse, dan kemajuan yang menakjubkan lainnya hingga menghasilkan komputer jinjing yang bisa dibawa kemana-mana atau yang biasa disebut laptop.